"Kenapa Sih Kita Harus Kreatif?"

Foto by YC.Wirasembada
Foto by me


Kedua gambar diatas adalah hasil buatan mahasiswa IPB. Yup, kekaguman saya terhadap dua hasil karya itu membuat saya ingin sekali menulis tentang ini.

Gambar pertama adalah tabung gambar yang biasa dibawa-bawa mahasiswa teknik. Fungsinya sebagai alat simpan untuk membawa kertas gambar dari ukuran A0, A1, A2, bahkan A3, juga penggaris panjang. Harganya memang cukup meguras kantong sih kalo untuk mahasiswa, beberapa toko besar malah ada yang menjualnya sampai harga Rp.120.000

Tabung gambar yang dijual ditoko. (sumber: arsitektung.blogspot.com)

Mahasiswa teknik itu memilih membuatnya sendiri dari pipa yang di-cat. waaw... harga tabung gambar itu memang mahal, tapi kreatifitas dan ide mahasiswa itu menurut saya jauh lebih mahal. Saya tidak tahu alasan dia membuat sendiri tabung gambar, tidak punya biaya untuk membelinya atau memang tipe-tipe mahasiswa antimainstream. Yang jelas, dimata saya dia berbeda diantara yang lain. Kreatif !

Kagum saya berlanjut ke mahasiswa lain, yang ini dari fakultas kehutanan. Waktu ke pondok irafan (kosan disekitar kampus IPB), saya numpang kekamar mandi dan melihat shower buatan dari selang dan botol shampo bekas yang dilubangi. Saya pun sempat mencobanya. Kemudian mencari tahu harga shower yang paling murah, ternyata ada yang cuma Rp.90.000 tapi lagi-lagi ini bukan hal mahal atau tidak, tapi buah pikiran alias ide yang gokil itulah poinnya. dalam hati saya waktu itu "nah, mahasiswa tu harusnya seperti ini, kreatif! bukan galauuuuu aja kerjaannya" he he he

Kenapa sih qt harus kreatif?
ini bisa diasah lho dengan pembiasaan
kreatif ini menurut saya penting kaitannya dengan pemecahan masalah. Biasanya orang  kreatif tidak langsung panik dalam menyelesaikan masalah, mereka akan punya beberapa opsional bahkan ide brilian yang kadang orang lain tidak terfikirkan. Pokoknya adaaa saja akalnya.

Lebih lanjut, coba amati penemuan-penemuan hebat didunia ini. Saya yakin sekali sang penemu adalah orang kreatif. 

Kreatif di hal yang remeh atau sederhana, tak masalah. Seperti juga halnya yang dilakukan 2 mahasiswa diatas. Hal-hal besar nan canggih lagi luar biasa didunia ini semua berawal dari "cuma", berawal dari hal sederhana yang terus dikembangkan dan dieksplor. 

Orang kreatif mempunyai nilai plus dibanding yang apa adanya. Seringkali yang membedakan seseorang dengan yang lain adalah kreatifitas, yaitu dalam hal mencari solusi, menghasilkan ide-ide terobosan baru, dan dalam menyelesaikan tugas. Orang kreatif tidak mudah menyerah karena selalu punya solusi alternatif. Ingat, persiangan tidak akan pernah berhenti sehingga harus selalui kreatif 

"Dalam hidup, kita akan sering berhadapan dengan berbagai masalah. Diperlukan ide-ide kreatif untuk menyelesaikannya" - Syari

Akan selalu ada solusi ditiap permasalahan



Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"