Belajar Bahasa Ingris ala Syari

pict by: verysharingimg.com
Postingan ini saya tulis karena sudah lebih dari lima teman menanyakan gimana caranya supaya bisa Bahasa Inggris. for next question, simply open this page hehe . Pegel juga cyinnnn ngetik lewat bbm atau whatsapp. Selain itu disini bisa lebih detail dan jelas.


Sejujurnya saya bingung ketika diumur sekarang ditanya gimana caranya bisa B.inggris termasuk skill bicara B.Inggris. Apalagi teman saya yang meminta tips itu pinginnya cara cepet. Nah kan... sedangkan saya "take the credit" dari sejak sekolah dulu, SMP kelas 2. Tapi okelah... semoga membantu :)

Jangan pernah berpikir kemampuan B.Inggris tulisan dan lisan itu dapat sekejap didapat dengan hanya belajar satu sampai tiga bulan saja, jangan... butuh kesabaran dan ketekunan.

Saya bagi tips menjadi dua, yaitu untuk pelajar dan untuk umum. Kenapa dipisah? Karena mereka punya waktu dan kesibukan berbeda, yang sudah bekerja pasti punya waktu lebih sedikit dibanding pelajar, dan biasanya yang sudah bekerja sebenarnya sudah punya dasar sejak sekolah dahulu. Prioritasnya juga berbeda, yang bekerja lebih kepada kemampuan "speaking and listening".


TIPS UNTUK PELAJAR


Berdasarkan pengalaman, berikut yang saya lakukan Dulu, dari SMP sampai SMA:
1. Sepulang kursus Bahasa Inggris setiap dua kali seminggu, saya membuka lagi modulnya, saya pelajari, saya BACA KERAS-KERAS teks nya, saya CARI ARTI kata yang belum saya tahu artinya. Ini terus saya lakukan... selalu.

2.Membuat program menghafal 10 kosakata Bahasa Inggris per hari. Maka dalam seminggu saya punya 70 kosakata baru. Langsung hafal? ooo tidak. Banyak kosakata hafalan saya yang menghilang begitu saja karena tidak atau jarang digunakan.

3. Menulis. Ini manfaatnya sangat besar saya rasakan. Latihan menulis membuat kosakata Bahasa Inggris kita semakin kaya. Kita juga belajar bagaimana merangkai kata sehinga ketika akan bicara secara otomatis otak menyusun rangkaian itu. practice makes perfect.

4. Listening. Dulu, setiap minggu saya latihan menjawab soal dibuku berdasarkan cerita yang saya dengarkan dari kaset. Sekarang tentu lebih mudah, bisa semudah mengunduh diinternet atau dvd yang dijual sepaket dengan bukunya. Kebayang gak sih dulu susah banget untuk ngulang bagian tertentu menggunakan tape recorder huhu.

5. Saya merekam sendiri suara saya ketika membaca artikel Bahasa Inggris kemudian saya dengarkan. Dibagian yang tidak enak didengar atau salah pengucapan akan saya ulang, ulang, dan ulang lagi.

6. Lakukan "English Day". Paling ideal sih ikut komunitas atau organisasi Bahasa Inggris. Biasanya, diperkumpulan itu mewajibkan anggotanya berbicara Bahasa Inggris satu hari tertentu dalam seminggu, dulu setiap hari selasa anggota "english club" wajib bicara Bahasa Inggris. Jika ketahuan melanggar, didenda. Ini bisa banget dilakukan dengan teman atau pacar lhooo... seru. I have my another fun way, we called it "chalosya english day". We did it every tuesday and it was really fun

pict by :speakenglishenter.com


TIPS UNTUK UMUM

1. Speak up. Jangan takut salah, coba ! ketika ada kesempatan, bicaralah dalam bahasa inggris. Kalau selalu takut dan malu, lalu kapan kemampuan bahasa inggrismu meningkat? jangan takut ditertawakan, tidak akan. Dalam percakapan, tata bahasa alias grammer jadi nomor dua kok, yang penting lawan bicara mengerti apa yang kamu maksud.

2. Suka dengerin musik? sambil belajar bahasa inggris juga oke lhoo. Dengarkan musik barat, tulis lirik sebisa kamu, ya sebisa nya. Ulang lagi, coba tulis lagi. Cek kemampuan mendengar kamu dengan googling lirik lagu tadi. Banyak yang sesuai? waahh... lanjutkan terus. Latihan ini sangat bagus melatih telinga kita terbiasa dengan pengucapan bahasa inggris. Kalo mau melakukan percakapan, tentunya selain harus bisa ngomong... juga harus ngerti ada yang lawan bicara katakan dong?!

3. Banyak membaca artikel, buku, jurnal, atau bahan bacaan lain dalam bahasa inggris khususnya dibidang yang kamu tekuni. Kamu akan terbiasa dengan kosakata dibidangmu.

4. Butuh bantuan orang terdekat?! kenapa tidak. Dari jaman SMA sampai saya menikah (Alhamdulillah dengan orang yang sama), saya dan suami masih sering melakukan percakapan dalam bahasa inggris. Karena pernah beberapa lama tidak kami lakukan, lidah terasa kaku, banyak kosakata hilang gak tahu kemana, dan grammer menguap begitu saja.  Ketika SMA sampai kuliah "chalosya english day" dilakukan setiap hari Kamis. Paling males nih kalo hari kamis lagi BT sama pacar, berantem harus pake Bahasa Inggris. Ribet cuyyyy hehehe. Kita saling koreksi cara pengucapan maupun berbagi kosakata baru. Seru sih...

5. Niat dan Usaha gigih. Beberapa poin diatas nothing kalo tanpa niat kuat dari dalam diri dan usaha gigih melakukannya. Serius. Bahkan yang sudah mahir pun, suka lupa dan kaku ketika lama tidak dipraktekan.

Selamat belajar. Semangat.
By: Bu Syari, yang akhirnya nikah sama lawan debat Bahasa Inggris teman satu SMA nya.


Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"