Go Green...Go Planting...


  
(Source: dreamindonesia.wordpress.com)


Dua bulan lalu, ada meeting di Bandung mengenai limbah industri. Diawal sebelum presentasi slide, diperlihatkan gambar-gambar lingkungan kumuh di Indonesia (kira-kira seperti gambar diatas). Sungai. Yang kita bayangkan ketika disebut kata sungai adalah aliran airnya yang tenang, menentramkan, adem. Tapi hari itu… ahhh sakit, sedih...

Sedih… mungkin saya sudah sering lihat kondisi negri kita ini yang kumuh, tapi entah. Saat itu kaya ada pesan moral yang langsung masuk kedalam hati. Apa yang harus saya lakukan buat negri ini… pikir saya saat itu. Apalagi berstatus sebagai lulusan Institut Pertanian, malu-lah saya sama diri sendiri saat itu. Kok perilaku saya sehari-hari tidak seperti lulusan Institut Pertanian. Pokoknya selama perjalanan pulang dari bandung ke bogor pun, pikiran ga pernah berenti mikirin Indonesia. Kasihan Indonesia… Gimana Indonesia… Apa sih yang sebenernya terjadi Indonesia… Indonesia kenapa… dan saya malam itu galau, galau mikirin Indonesia (ini lebay ga sih ?). Ngebayangin gimana kondisi laut-laut dan sungai-sungai kumuh itu beberapa tahun kemudian? Anak cucu kita? Masihkah bisa menikmati Indonesia asri?

Keesokan saat bangun tidur, ada perasaan makin cinta sama negri ini, ada perasaan makin memiliki negri ini. “Saya mau berubah. Lakukan pada diri sendiri dulu. Lebih-lebih bisa mengajak orang lain juga”. Di minggu itu, hari minggu saya beli pot, kemudian mulai menanam bunga didepan rumah, yang tadinya gersang, polos, tanpa tanaman. Mulai peduli lingkungan, suka menanam tanaman, menggunakan sampah plastik seminimal mungkin, manfaatin botol minuman bekas buat pot dan melanjutkan kebiasakan ga buang sampah sembarangan.

 
awalnya, cuma punya 3 tanaman. Semakin hari nambah terus...



 Semaian biji sawi yang udah mulai tumbuh.

Vertikultur. Dari pipa bekas, cat bekas, dan bunga hasil minta :D


Hunting tanaman di toko bunga



 Cabe-cabean...


Semaian biji markisa after and before



Ini yang saya lakukan di tempat kerja. kiri: hidroponik di wastafel. kanan: bunga hidup di meja kerja


Bagian depan halaman rumah. Sebelumnya  ga ada satupun tanaman yang tumbuh kecuali rumput. Sayang, ga ada foto before nya. 



Belum bisa berbuat sesuatu yang besar buat bangsa ini, tapi ya kita harus mulai berbuat mulai dari diri kita. Hijaukan Indonesia lagi. Banyak yang udah ga peduli lingkungan, termasuk saya sendiri sebelumnya. Saya merasa lebih senang, setiap pagi kalo keluar rumah jadi ceria, sejuk, asri. Berubah 1 % saja, maka hidup kita akan berubah. Semoga ini nular ke penghuni lain negeri ini. Negara yang sering disebut Raksasa yang tertidur. Disaat banyak orang bakar hutan, nebangin pohon, kita menanam nya dan berprilaku go green setiap harinya. sedikit-sedikit... mulai dari hal kecil. Yuk...

Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"