Kesehatan, Investasi Masa Depan (Part 2)


Selama enam bulan lebih saya melakukan olahraga jogging sampai gempor mengelilingi lapangan bola belakang gym IPB bahkan sesekali mengelilingi IPB. Tapi berat badan saya tak kunjung ideal. Satu hal yang pasti, saya tidak akan pernah mau menggunakan obat apapun itu untuk melangsingkan tubuh saya.

Datanglah om Dedy Corbuzier dengan OCD (Obsessive Corbizier's Diet) nya. Saya cari tahu, dan beberapa orang mengaku berhasil melakukan dietnya.

Singkatnya, OCD ini dilakukan dengan mengatur kalori makanan yang masuk ke tubuh kita dengan membatasi waktu makan. Dengan catatan, dilakukan juga olahraga angkat beban. Angkat beban yang saya lakukan menggunakan dumbbell . Mengapa bukan cardio? Artinnya saja jantung. Bisakah membakar lemak?

BISA, tapi hanya saat anda berada di sana saat anda lari dan lama kelamaan tubuh anda akan terbiasa dan mulai membakar otot juga- Dedy Corbuzier.

Sedangkan angkat beban akan merusak otot anda, dan otot yang rusak akan membakar lemak anda 2x24 jam lamanya.

Ini saya buktikan sendiri. Teman kerja saya sudah tahunan ikut member olahraga lari di threadmill (salah satu olahraga cardio). Badannya jadi langsing? NO. Badannya jadi ideal? NO. Walaupun beliau memang merasakan kerja dan hari-harinya jadi semangat. Karena memang olahraga cardio tidak banyak mengikis lemak tubuh.

Cara diet ini (OCD) tanpa ada pantangan terhadap makanan apapun. Saya yang memang hobi kuliner tidak merasakan seperuh jiwa pergi hehe, karna saya bisa tetap makan gorengan, spagethi, cilok, sampai ke nasi padang sekalipun. 

Diet OCD yang saya lakukan yaitu dengan jendela makan 8 jam (waktu makan 8 jam dari jam 12 siang sampai jam 8 malam), tapi saya bisa fleksibel mengatur batas waktu nya, tidak terlalu mengikuti betul aturan mainnya dan tidak terlalu saklek. Yang penting saya ambil prinsipnya, dan saya kombinasikan dengan puasa senin-kamis, kemudian yang penting adalah OLAH RAGA ANGKAT BEBAN sebagai kuncinya. 

Wanita jangan takut melakukan ini, karena tubuh kita tidak akan berotot, yang ada akan semakin seksi dan sekseehh. Kaum wanita tidak memiliki hormon testosteron sebanyak laki-laki. Kalaupun pernah melihat wanita berotot dimajalah atau internet, mereka pasti suntik steroid. Bisa dibuktikan, silakan cari tahu.

Saya juga komitmen untuk makan sayur setiap hari, bisa diselingi buah, atau jika tidak keduanya, saya membuat jelly paling tidak sebagai pengganti seratnya. Kemudian juga konsumsi air putih yang banyak, dipaksakan sampai mual (awalnya...lama kelamaan terbiasa).

(Dumbbell work out. Bisa dilakukan dirumah. Hanya 20-30 menit sebelum berangkat kerja)

Saya lakukan olahraga angkat beban 3 kali dalam seminggu, dilakukan pagi hari sebelum bersiap berangkat kerja, seminggu sekali diselingi cardio yaitu skipping . Dua minggu saya lakukan pengaturan jam makan dan olahraga dumbbell berat saya turun 2 kg, setelah kurang lebih dua bulan saya mencapai berat badan 45 kg. Yeayyyy Alhamdulillah,,,, badanku ideal dan ini yang bikin saya jadi sering ngaca, perut rata uy J. (Olahraga angkat beban akan mengikis lemak berlebih disetiap bagian tubuh). Anyway setiap orang punya cara dan pilihan sendiri sih olahraga apa yang cocok dan sesuai.

  



Tapi, setelah 3 bulanan saya melakukannya, saya mendapatkan sesuatu yang lebih dari sekedar langsing dan perut rata.

  • BAB jadi lancar, setiap pagi rutin
  • Siklus menstruasi jadi teratur dan rapi sekali
  • Jarang sakit. Bahkan flu dan batuk pun dua sampe tiga hari akan sembuh dengan istirahat dan konsumsi suplemen. Padahal sebelumnya kecapean sedikit saya pasti sakit dan beberapa kali di-opname
  • Kekuatan tubuh bertambah. Naik tangga, jalan jauh, dan angkat barang berat jadi lebih mudah tanpa ngos-ngosan ampun-ampunan
  • Kerja jadi semangat dan tidak mager alias males gerak
  • Jerawat dimuka jadi berkurang. Mungkin ini efek dari minum air putih yang banyak.

Saya menyadari bahwa hidup saya lebih berkualitas, lebih menghargai kesehatan, dan akan melakukan olahraga selama hidup saya.

Ketika mengikuti seminar yang pembicaranya Pak Winarno (Ahli pangan), beliau mengataakan “betapa nikmatnya diumur saya yang sudah tua ini masih bisa bermain dengan cucu”.

Pk JK (Jusuf Kalla) diumurnya yang sudah kepala enam mampu melakukan kampanye pilpres dan melakukan aktifitas dengan mobilitas tinggi tapi masih enerjik dan kelihatan segar ternyata beliau bilang sejak muda beliau selalu olahraga, sering berjalan jauh dan berlari, dan hal rutin itu beliau nikmati hingga kini diumurnya yang sudah tua.

Kesehatan itu investasi masa depan, yang harus ditabung sejak muda dengan olahraga dan mengatur pola makan. Banyak orang yang masih diumurnya yang kepala empat sudah terserang stroke, diabetes, atau penyakit lain.

Dulu, tujuan utama saya olahraga adalah untuk langsing, tapi kini saya akan melakukannya rutin dengan tujuan utama kesehatan sebagai investasi saya dimasa tua, dimasa yang akan datang. Menjadi cantik, langsing, dan memiliki perut yang rata adalah bonusnya.

Before and after 

(Foto saya ---> before:baju coklat. After: Baju abu-abu)

Investasi itu bukan hanya rumah, tanah, emas, dan uang, tapi juga kesehatan – Syari
Health is not everything, but everything without health is nothing - anonim


Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"