Nikmati Prosesnya

Hidup ini keras ya. Bener banget kenapa bayi menangis saat dilahirkan kedunia. Life is hard. Tapi ngomong-ngomong tentang hidup, kita tentu masing-masing memiliki suatu tujuan atau target tertentu, atau bahkan sedang dalam masa penantian entah menanti datangnya jodoh, menanti kedatangan buah hati, atau bahkan menanti-nanti waktu pulang kerumah untuk sekedar bertemu berkumpul dengan keluarga. Untuk pelajar atau mahasiswa mungkin sedang berjuang untuk menjadi yang terbaik, para pekerja dan pebisnis yang sedang berjuang menjadi sukses, dan banyak lagi.

Apapun yang sedang kita tuju... mari kita nikmati semua prosesnya. Nikmati saat-saat kita begitu keras bangun di sepertiga malam untuk meminta kepada sang Maha segala. Menikmati saat-saat dimana kita mengusahakan semuanya. Kadang-kadang harus mengorbankan waktu tidur, mengorbankan waktu istirahat, mengorbankan waktu berkumpul dengan teman atau keluarga. Tapi... sebuah tujuan itu selalu akan ada harga yang harus dibayar.

Ketika berproses seringkali kita mengeluh betapa berat masalah kita atau betapa sulit masalah itu terlewati. Itulah... mengapa kesuksesan bukan milik semua orang, jadilah orang kuat. Tiap kesulitan yang ditemui merupakan sebuah langkah yang bisa jadi didalamnya terdapat hikmah dan anugerah.

terkadang kita mengeluh dan tak tahan dengan semua proses perjuangan hidup yang kita lewati. Sebuah proses memang menyakitkan. Namun ingatlah bahwa semua proses yang kita alami justru sedang membuat kita maju. Proses dalam melalui perjuangan hidup justru sedang melatih dan membentuk kita menjadi pribadi yang kuat, tangguh, tahan banting, dewasa sehingga pada akhirnya kita bisa bertahan menghadapi turbulance kehidupan.


Coba bayangkan kesuksesan yang pernah kita raih, satu saja. Bayangkan... bukankah manis akan terasa ketika kita mengingat prosesnya?! bukankah kenikmatan itu terasa karena kerasnya kita memperjuangkan itu?! yup... itu. Dalam hidup ini yang harus kita nikmati adalah prosesnya, bukan hasilnya.

Karena dalam perjalanan, kita akan menemukan sesuatu yang lebih dari sekedar tujuan kita itu. Pelajaran hidup atau bahkan hati yang lebih kaya kesabaran, lebih mengerti arti berjuang.


Tidak ada yang namanya jalan pintas atau instant sih untuk mendapatkan semua impian dan mendapatkan hal-hal yang baik dalam hidup, semuanya butuh proses. Sabar... dan nikmati setiap prosesnya.

Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"