Kesuksesan itu Bertemunya PERSIAPAN dan KESEMPATAN

Sedang ada di fase semangat mengejar target ke-70 dan 71 di penghujung tahun 2013 tiba-tiba pengen nulis tentang pengalaman bagaimana mengalahkan mimpi biar ga jadi sekedar mimpi.


2011 Lalu, saya punya target setelah lulus kuliah, masa tunggu saya dapet kerjaan maksimal 2 bulan. Yaa..namanya juga tukang mimpi, jadi apa aja yg di pengenin ya di tulis di dream book. Kemudian saya menjalani PKL (praktik kerja lapang) yaitu tahap akhir sebelum saya lulus.

Setelah kesana-kesini apply proposal magang di perusahaan industri pangan ga dapet jawaban, saya akhirnya dapet di Rumah Potong Hewan PT. ELDERS (perusahaan yang memproduksi chilled beef yang ada di kampus IPB Dramaga). 3 Bulan saya disana. Dari 2 minggu sebelum mulai magang saya udah aktifkan tombol on “spirit of excellent”.


Spirif of excellent: semangat bertindak yang didasarkan pada pemikiran diatas rata-rata, melakukan lebih dari yang diminta dan mengeluarkan kemampuan yang terbaik.


Saya cari profil perusahaan itu, saya belajar ilmu daging, saya copy tugas akhir mahasiswa lain yang pernah magang di perusahaan tersebut, dan sampe saya beli sarung tangan karet (glove), masker, dll (padahal di sediakan di perusahaan).


Awalnya takut dan ngerasa berat bakal 3 bulan ditempat asing. Tapi makin lama, makin nyaman karna saya berusaha mencintai apa yang saya kerjakan. Saya ikut partisipasi di proses produksi, datang ga pernah telat, dan semangat tanpa pudar. Nah karena perasaan mencintai pekerjaan, jadi nya nyaman, sehingga pikiran jadi lebih terbuka. Hingga saya nemu masalah terkait kualitas yang bisa saya angkat jadi topik tugas akhir saya.

Setelah konsul dengan pembimbing lapang disana, dan kebetulan si boss perusahaan itu tahu, perusahaan amat senang dengan itu. Karna topik yang saya ambil sangat bermanfaat buat perusahaan dan dapat memberi pemecahan masalah yang solutif terhadap masalah yang terjadi di perusahaan. Saya sibuk melakukan pengumpulan data, analisa data, dan pengumpulan literatur.


Masa magang saya akan segera berakhir. Seminggu sebelum selesai, saya dipanggil ke ruangan si boss. Deg…deg.deg… . “Saya salah apa yaaa????!!” pikiran saya waktu itu. Sama sekali tidak pernah saya perkirakan, ternyata beliau meminta saya bekerja di perusahaan nya. “Sorry sir, but I haven’t graduate yet from IPB”. Gimana saya bisa gawe kan ya, saya lulus aja belum.

Tapi beliau bilang “No problem, I need u, not ur sertificate. U can start working on 2nd  June”. Woww saya ditungguin lulusnya. Hari terakhir saya magang tanggal 31 Mei, tanggal 2 Juni saya akan mulai kerja. Saya bilang lagi “Thanks sir, but I have to pass through seminar and final test graduation, it means I will so many times absence coming work till I graduate on july”. Beliau bilang “of course you may”.

Agak beban yah sebenarnya buat saya, karyawan baru, ga pake masa percobaan selama 3 bulan, langsung jadi karyawan tetap, udah sering kaga masuk kerja gara-gara masih harus bulak-balik kampus buat bimbingan, seminar, dan sidang.

Padahal aturan perusahaan tidak memperbolehkan karyawan baru ambil cuti sebelum 3 bulan kerja. Dan saya udah ngebayangin ini bakal jadi kesenjangan, duh takut di bully karyawan senior. Hahah.  Saya bilang pikir-pikir dulu.

Pulangnya saya telfon mama dan bapak, cerita ke beliau dan minta pendapatnya. Beliau setuju. Dan setelah istikharah akhirnya okelah saya mantep ambil tawarannya. Malemnya saya langsung rekap itung-itungan pengeluaran dan kebutuhan saya selama sebulan. Jadi pas nego gaji, saya punya dasar yang kuat kenapa saya minta gaji sekian. Saya tanya juga ke senior di kampus dulu dengan posisi itu rata-rata gajinya berapa. Besoknya datang lagi ke Elders untuk bilang “yes, surely I take that posisition” dan nego gaji.

Saya udah berniat memaparkan argumen pake ngotot kalo-kalo ga sesuai sama gaji yang saya inginkan. Dan bener aja, ga sesuai dengan standar gaji yang akan saya ajukan. Perusahaan menawarkan gaji jauh melebihi standar gaji yang akan saya minta, wehehe. Saya mikir sebentar, trus minjem kalkulator sang boss buat itung-itungan, sempet mau minta naikin lagi, tapi well…ini sudah jauh dari standar posisi yang sama di perusahaan lain dan saya pun fresh graduate, tanda tangan deh saya. Alhamdulillah…


Seminggu kemudian, saya baru sadar 1 mimpi saya terwujud, bahkan Allah memberinya lebih cepat. Target saya masa tunggu kerja 2 bulan setelah lulus, Allah memberinya 0 bulan (atau bahkan minus bulan ya, kan belum lulus saya he he he). Saya contreng deh mimpi saya itu karna sudah berhasil mencapainya.


Kenapa perusahaan menarik karyawan baru? Karena ada staff yang akan mengundurkan diri untuk pulang ke kampung halamannya karena orang tuaya sakit. Dan akhirnya saya meyakini 1 hal, kesuksesan itu pertemuan antara persiapan dan kesempatan. Kalo saya tidak punya spirit of excellent selama masa magang, kalo saya tidak kritis saat magang, kalo saya tidak rajin, kalo saya malas-malasan, dan saya menjadi pribadi yang minder, dan kalo-kalo yang lain, rasanya bukan saya yang dipanggil ke ruangan nya untuk di tawari pekerjaan.

Saya hanya ingin berbagi kebahagiaan dan rasa syukur yang masih saya rasakan hingga saat ini. Saya masih percaya kalo kesuksesan itu ketemuan nya si persiapan dan kesempatan. Dan orang-orang yang memiliki “spirit of excellent” tidak bisa disembunyikan. Ia akan bersinar. Maka ketika kesempatan datang, ialah pemilik kesuksesan itu.

Selamat bermimpi, dan selamat melakukan persiapan tentunya!

Comments

aan said…
wow kereeen.....
apakah di elders bisa magang belajar untuk meat butcher? thanks,,
syari wulan said…
Terimakasih,
kirim saja suratnya mas.

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"