Perkuat Myelin

  • Ada orang yang setiap hari rutin bangun subuh
  • Ada juga yang setiap hari bangun kesiangan
  • Ada yang selalu datang terlambat ketempat kerja
  • Orang yang berlatih beladiri memiliki refleks yang bagus
  • Seseorang mampu berbicara Bahasa Jepang dengan fasih
Nah beberapa poin yang saya sebutkan diatas adalah HABIT atau kebiasaan. Baik kebiasaan yang baik maupun yang buruk, semua terbentuk karena kita telah melakukan repetisi pada kegiatan tersebut sehingga menjadi kebiasaan.

Pada setiap kebiasaan yang kita lakukan, ada sebuah muscle memory  yang bekerja. Inilah yang disebut dengan MYELIN.  Myelin ini ada pada sistem saraf manusia yang akan memberi perintah dan menyimpan informasi.

Sayangnya, Myelin tidak bisa terbentuk hanya dari mimpi atau angan-angan kosong. Namun myelin terbentuk karena kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang (Coyle, 2009).

Sehingga jangan heran kalo anak umur 5 tahun di Bogor fasih berbahasa sunda dibanding orang dewasa umur 30 tahun yang berasal dari Jawa. Tentu saja ini karena kerja myelin.

Tapi Alhamdulillah Myelin bersifat universal. Myelin tidak peduli siapa kita. Kita kaya atau miskin, kita cantik atau jelek myelin tidak peduli. Dia akan tetap bekerja membentuk ikatan didalam tubuh kita. Tapi yang harus kita tahu juga, myelin juga tidak peduli terhadap apa yang kita kerjakan. Hal baik maupun hal buruk, ketika kita lakukan berulang-ulang maka myelin akan membungkus serat saraf (coyle, 2009).

Sehingga kita harus waspada nih, jangan-jangan selama ini kita melatih muscle memory kita untuk membentuk sebuah kebiasaan buruk.

Sayangnya lagi, sekali terbentuk maka akan sulit dilepas. Hanya dapat hilang ketika kita membentuk kebiasaan baru sampai kebiasaan lama kalah. Pantessss ya kalo kita terbiasa bangun siang, maka akan sulit sekali bangun pagi. Ketika kita terbiasa kemana-mana naik motor, terasa berat buat kita untuk berjalan jauh atau naik sepeda.

So, dengan kita tahu karakter si myelin ini mari kita daya gunakan dia sebagai dongkrak kesuksesan kita. Buatlah myelin membentuk kebiasaan-kebiasaan baik hingga menjadi sebuah habit. Tidak mudah, kita harus mau berkeringat.





Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"