Pesan Allah lewat Lebah

Jadi ceritanya pagi ini saya kepo-kepo tentang lebah gara-gara kemarin siang ada korban serangan ratusan tawon sampai tidak sadarkan diri. Ditengah ke-kepo-an, saya malah dapet pesan bagus dari lebah.

Kadang kita suka tidak sadar sama tanda-tanda kekuasaan Allah, atau parahnya enggan menyimak. Padahal banyak Allah kasih melalui kehidupan didunia ini.

Berbicara tentang disiplin, salah satu contoh yang dapat kita lihat yaitu lebah. Ternyata hewan ini salah satu yang Allah sebutkan didalam Al-Quran, yaitu surat An-Nahl.

(sumber: www.apakabardunia.com)


Lebah memiliki pembagian kerja. Ada ratu lebah (queen bee), lebah pekerja, dan lebah pejantan. Mereka bergotong royong dan bekerja atas kesadaran masing-maisng. Semua bekerja secara teratur, tidak ada saling adu jotos apalgi fitnah, dan bekerja tanpa mengeluh. Sarangnya membentuk hexagonal. Menurut para ahli, bentuk hexagonal (segienam) adalah bentuk terbaik dibanding segi lima atau bentuk geometris lainnya karena dapat menyimpan madu dalam jumlah besar.

Lebah tidak akan mengganggu. Kecuali ada yang mencoba mengganggu atau merusak sarangnya, lebah akan datang keroyokan full team untuk menyerang.

"Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". (QS. An-Nahl, 16:68)

Ternyata lebah memiliki pembagian kerja yang sedemikian rapi dan mereka sangat disiplin. Hasilnya? madu yang amat manis dan kaya manfaat.

Mudah-mudahan kita menjadi manusia disiplin, dalam hal apapun (ya tapi bukan disiplin malasnya ha ha ha). Bukan juga menjadi manusia yang hobi sikut teman. Berjuang bersama, buat perubahan bareng-bareng. Saya meyakini bahwa Allah memang ingin menyampaikan suatu hal kepada manusia lewat hewan ini, buktinya adalah surat An-Nahl.

Selain lebah, Allah juga sampaikan nilai filosofi bagi kehidupan manusia lewat surat An-Naml (semut) dan Al-Ankabut (laba-laba). Semoga lain waktu bisa dilanjut share-nya.



Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"