Akhirnya... Ada Dua Detak Dalam Tubuh

Bangun tidur pagi itu terasa beda. Badan lemas... Biasanya ciuman dari suami bikin semangat, tapi boro-boro jadi mood booster. Muntah-muntah sampe bikin pusing. Kok enek banget sih nyium aroma badan suami. Deg ! Langsung berpikir jangan-jangaaan....

Langsung cek pake stok testpack yang tinggal satu-satu nya.

Masyaallah... Garis duaaaa !!!



Keluar kamar mandi langsung nyamperin suami yang lagi cuci piring. No words. Just show him the two lines. Sama-sama bengong. Aby kelihatan tidak seheboh saya. Aby bilang "besok kita cek lagi pakai testpack yamg berbeda yaa mi.." .


Confirmed. 2 merk testpack yang berbeda menunjukkan garis 2 tebal.

Alhamdulillah....

Hasil USG pertama kali setelah testpack


Ini adalah kehamilan saya yang keempat. Betul, saya mengalami gagal hamil sebelumnya sebanyak tiga kali. Ketiganya usia kandungan saya tidak pernah lebih dari 8 minggu. 

Kehamilan pertama dikuret, kedua dan ketiga hanya pakai obat tanpa kuret.

So let's the story begin. Inilah perjalanan ikhtiar kami dalam penantian buah hati.

*Lima bulan setelah menikah saya positif hamil. November 2015. Gugur di usia 8 minggu. Saat cek ke dokter kandungan, dokter bilang penyebabnya karena sel sperma dan sel telur yang kurang bagus. Setelah 2 bulan pasca kuret diperbolehkan hamil kembali.

* Agustus 2016. Saya kembali hamil dan luruh sebelum usia kandungan 8 minggu. 

*November 2017. Telat haid dan testpack menunjukkan 2 garis masih samar. Selama beberapa hari setelah itu keluar flek sedikit-sedikit. Ketika cek ke dokter kandungan dan diperiksa hasilnya masih penebalan dinding rahim.

Selang 2 hari sakit perut luar biasa...dan keluar darah banyak dengan gumpalan. Langsung ke dokter kandungan, setelah diperiksa positif keguguran spontan.

Saat saya menanyakan kepada dokter kandungan (dokter lain dari kehamilan pertama) perlukah cek TORCH, beliau menjawab tidak perlu karena sepertinya bukan TORCH penyebabnya. Malah saya disuruh cek Lab pengentalan darah karena asumsi beliau darah dari saya ke janin tidak tersalurkan padahal lewat darah itu nutrisi dan oksigen masuk ke janin. Saya akhirnya mengikuti instruksinya. Hasilnya, negatif.  Tapi saya penasaran ingin melakukan tes lab TORCH. Akhirnya saya cek TORCH di Lab Prodia.

Cek TORCH Lab lengkap 4 parameter igG dan igM. Toksoplasma, Rubella, CMV, dan HSV II.
Biaya nya 2,9 juta dan dapat diskon karena dalam rangka memperingati sesuatu (saya lupa). Jadi saya hanya membayar 2,3 juta.


Hasilnya, saya positif igG HSV dan igG Rubella. Kebetulan di Bogor ada pengobatan alternatif TORCH. Namanya Terapi Aquatreat oleh Bapak H. Juanda.  Saya segera cari tahu dan memutuskan mendaftar untuk ikut seminarnya. 

Alhamdulillah saya dan suami banyak mendapat ilmu mengenai Torch, sangat mengerikan dampaknya. Kami konsumsi obat Pak Juanda selama 3 bulan. Setelah itu saya kembali cek darah, alhamdulillah hasil titernya sudah dibawah 5 (negatif) sehingga saya bisa program hamil. Harga obat nya 1 botol (kental) ukuran 2 Liter 1 juta untuk satu orqng. Sehingga saya dan suami dal sebulan mengeluarkan 2 juta rupiah. 

Bulan Februari kami selesai minum obat, Alhamdulillah Juli positif hamil. 
Selama hamil, saya wajib konsumsi obat Pak Juanda selama 9 bulan. Suami tidak wajib. 
Alhamdulillah walaupun di trimester awal sangat berat menjalani kehamilan karena mual muntah parah, lemas, dan pusing, tapi kehamilan saya lancar dan selamat sampai melahirkan.
Salah satu momen yang tidak pernah akan saya lupakan. Mengandung Zilan... 
Setiap saat selalu saya ajak ngobrol, saya ceritakan semua aktifitas yang akan saya lakukan, apa yang saya makan, dan segala hal. 

Tendangan-tendangan manja sampai yang kerass membuat ngilu ulu hati semua saya nikmati dengan rasa bahagia. Masyaallah Tabarakallah...
Saat usia kandungan 9 minggu, saat dikantor saya merasa ada cairan keluar dari vagina. Segera saya cek ke kamar mandi. Innalillahi... Saya melihat flek coklat. Hancurrrr retaakkk hati ini. Akankah saya keguguran lagi yang keempat kali. Saya lemasss....pasrah...dan kecewa. 

Tapi saya masih punya asa. Saya langsung ke IGD RS terdekat mengendarai mobil sendiri. Nekaaattt. Saking kecewa nya dan sedih saya sampai gak sanggup bilang kepada suami dan keluarga.
Saat menunggu giliran masuk ke ruang dokter pun saya sudah sangat lemas dan pasrah. Saya menyiapkan mental... kemungkinan beear memang tidak bisa dipertahankan karena riwayat ketiga kehamilan sebelumnya pun selalu diawali flek. 
Namun....setelah dokter periksa lewat  USG, Allahu Akbar...sikecil bergerak-gerak dan Masya Allah saya mendengar detak jantungnya....pertama kali....dalam hidup saya. Ada detak lain didalam rahim. Saya menangisss. Terimakasih ya Allah...



Hasil usg usia kandungan 8 minggu. Janin tumbuh dan berkembang

Foto usg detak jantung


Ternyata pendarahan nya diluar rahim, janin baik-baik saja namun saya wajib bedrest dan minum penguat kandungan yang dimasukkan lewat vagina. Saya pulang dan segera istirahat. Bangun hanya untuk wudhu, dan ke toilet. Selebihnya semua saya lakukan di atas kasur. Selain itu dokter juga sarankan banyak makan jeruk supaya lebih cepat pemulihan luka pendarahan. Alhamdulillah flek berhenti dan selang 2 minggu janin bertumbuh sehat sesuai usianya.

Setelah itu alhamdulillah tidak ada kendala berarti... bahkan saya pulang pergi kerja mengendarai mobil sendiri sampai hari-H melahirkan. Masyaallah... pagi hari masi ke kantor bawa mobil, tapi siang hari saya merasa menggigil luar biasa dan merasa limbung tidak kuat berdiri. Akhirnya ke Rumah sakit dan tanpa saya sangka sore itu Kakak harus dilahirkan secara Sectio Caesaria karena faetal distress. Alhamdulillah semua berjalan lancar Ibu dan Bayi sehat dan selamat. 

....and mommy's life is begin. I LOVE IT.




Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"