Keindahan Tersembunyi "Secret Garden" di Istana Changdeokgung

Changdeokgung, salah satu Istana diantara 5 besar Istana pada era Joseon menjadi tujuan wisata Kami kali ini. Tiba di Stasiun Anguk, kami langsung menuju ke antrian pembelian tiket. Untuk Kakak Zilan, tidak dikenakan biaya alias free.

@3.000 Won per orang dewasa untuk tiket umum (Changdeokgung Palace)
@5.000 Won per orang dewasa untuk tiket Secret garden.

Ketika masuk ke area Istana Changdeok, Kami terlebih dahulu melewati Donhwamun gate, lalu berjalan kearah kanan melewati Geumcheongyo bridge. 

Donhwamun gate

Tidak jauh setelah melewati Geumcheongyo bridge, akan bertemu Injeongmun gate sebagai gerbang masuk menuju Injeongjon Hall. 

Injeongmun gate

Injeongjon hall

Di aula Injeongjon, bangunan dengan atap tingkat dua ini pada masa Joseon digunakan sebagai tempat melakukan upacara kenegaraan utama seperti pemahkotaan Raja, tempat menerima ucapan selamat dari pejabat dan menteri, dan sambutan delegasi luar negeri. Lantai yang tersusun apik, bangunan-bangunan tua indah, dan sekeliling istana pepohonan yang berwarna warni membuat kesan artistik istana ini.

Nakseonje Hall

salah satu pintu masuk Nakseonje Hall

Saat berjalan-jalan, saya tertarik dengan bangunan yang bernama Nakseonje Hall. Bangunan tersebut sangat "eye catching", berbeda dengan bangunan -bangunan lain disekitarnya.  Terlihat mencolok dengan pilar dan atap yang tidak diwarnai. Dekorasinya banyak menggambarkan anggur dan kelelawar dimana anggur melambangkan kesuburan dan kelelawar melambangkan keberuntungan. Ternyata Nakseonje Hall adalah rumah kediaman Raja Heonjong beserta Permaisuri. 

SECRET GARDEN.

Buat saya, Changdeokgung adalah istana terindah yang ada di Seoul, bahkan jika dibandingkan dengan Gyeongbokgung sebagai istana termegah dan terbesar pada era Dinasti Joseon.


Istana ini menjadi satu-satunya yang diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Salah satu dibalik keindahan Changdeokgung adalah Huwon yang artinya taman belakang, yang kemudian dikenal dengan sebutan secret garden.

Letaknya tersembunyi, ada dibelakang istana Changdeok. Taman ini digunakan sebagai tempat Raja dan keluarga beristirahat dan bersantai. Didalamnya terdapat beberapa pavillion dan kolam. Nuansa alam yang sangat cantik menyatu dengan bangunan-bangunan kecil yang bersejarah. 

Baru saja menapaki pintu masuknya, saya sudah bergumam Masyaallah... indahnya... dinding khas istana kerajaan membuat saya menapaki negeri dongeng. Kental sekali nuansa alam nya, sentuhan manusia didalamnya hanya sedikit saja

Untuk masuk kedalam secret garden, tidak bisa bebas namun harus ditemani oleh pemandu dan masuk secara rombongan dengan pengunjung lain. Ada tiga shift yaitu pagi,siang, dan sore di jam yang sudah ditentukan. Kebetulan kami kebagian tiket masuk untuk jam 15.30. 

Pintu masuk menuju secret garden

Tidak jauh dari pintu masuk, ada pemandangan luar biasa. Pavillion Juhanmu yang berlantai dua  adalah perpustakaan keluarga kerajaan. Lantai satu adalah tempat dimana ribuan buku disimpan sedangkan lantai dua adalah tempat membaca buku. Raja sangat suka membaca buku sambil menikmati pemandangan sekitar. Raja Jeongjo juga menulis banyak buku ditempat ini. Beliau berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. 

Terdapat kolam teratai berbentuk persegi yang disebut Buyongji Pond. Disampingnya terdapat Buyongjeong pavillion, tempat Raja memberi ucapan selamat kepada orang-orang yang berhasil ujian sipil kenegaraan. 
Buyongji pond dan Juhanmu pavillion

Buyongji pond

Buyeongjong pavillion

Spot paling cantik dan eksotis menurut saya adalah Aeryonji pond. Benar-benar seperti lukisan didalam frame. Dipinggir kolam terdapat Aeryeonjong pavillion, sebuah bangunan kecil sederhana tanpa ornamen mewah  tapi sangat indah. Tidak heran jika pada masa dahulu digunakan sebagai tempat membaca dan meditasi oleh anak Raja Sunjo yang merupakan putera mahkota. Namun disayangkan, umurnya pendek. Meninggal di usia 22 tahun, padahal sangat berbakat bahkan dipercaya mengurus tata negara.

Aeryonji pond

Yeongyeongdang Hall

area belakang Seonhyangjae hall






Jondeokjong pavillion

Bandoji pond dan Gwallamjeong pavillion 

 

Kami sangat bersyukur bisa menyaksikan keindahaln alam yang luar biasa ini.Seperti melihat lukisan hidup ciptaan Allah SWT. Alam dan bangunan peninggalan jaman Joseon sangat menyatu membentuk sebuah harmonisasi yang indah dan menakjubkan. Setiap sudutnya memiliki cerita yang kental dengan sejarah kerajaan yang menarik.


Referensi: 
http://english.cha.go.kr/html/HtmlPage.do?pg=/royal/RoyalPalaces_1.jsp&mn=EN_02_03_02

Comments

Most viewed posts

Cinta itu perhatian

Energi Positif Itu Menular

Pejuang Subuh (3) "Jangan Mau Kalah Sama Ayam"